Wednesday, May 26, 2010

SMK NEGERI 1 P. SIANTAR MENUJU PUNCAK SBI- INVEST ALIANSI "SEBUAH PERJUANGAN"

Tahun 2009 adalah tahun dimana SMK Negeri 1 P. Siantar memasuki rintisan sekolah bertaraf internasional selaku SMK Aliansi. Sebutan lengkapnya adalah SMK SBI-INVEST(Indonesian Vocational Education Sthreng Thening) yang telah diprogramkan pemerintah dalam jangka waktu 5 tahun yaitu mulai dari tahun 2009 sampai 2013.
Secara institusional, keberadaan SMK bertaraf internasional bersumber pada Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 50 ayat 3 disebutkan "pemerintah dan atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu-satuan pendidikan pada jenjang pendidikan menengah untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional ".
Selanjutnya Reustra Depdiknas tahun 2005-2009 Bab V hal 58 menyebutkan "Pembangunan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) untuk meningkatkan daya saing bangsa perlu dikembangkan SBI pada tingkat kabupaten / kota melalui kerjasama yang konsisten antara pemerintah dan pemerintah daerah Kabupaten / Kota untuk mengembangkan SD, SMP, SMA dan SMK yang bertaraf internasional"
Sebagai implementasi dari ketentuan diatas, secara nasional pemerintah telah menetapkan 90 SMK yang menjadi Rintisan SBI. Di Sumatera Utara, ada sejumlah SMK yang sbi-invest masuk rintisan SBI dan beberapa sekolah aliansi, . Setiap SMK model memiliki Aliansi yang berlokasi di wilayah sekitar salah satunya adalah SMK Negeri 1 Pematangsiantar dan memilliki program keahlian yang relevan.
Sehubungan dengan adanya smk aliansi, smk meiliki peran sebagai Pembina bagi smk aliansi dan melaksanakan deseminasi bahan ajar bilingual, mengembangkan progam pelatihan kewirausahaan, melakukan pendampingan bagi pendidik di smk aliansi dan sebagainya.
Sebagai warga SMK Negeri 1 P. Siantar, sudah sepatutnya guru dan siswa berbangga dan sekaligus bersikap bijaksana karena predikat SBI membawa konseskuensi yang tidak ringan. SBI menghendaki pola pikir (paradigma) baru terhadap pendidikan dari berbagai segi, yaitu adnya peningkatan kualitas sdm (baik pendidik maupun tenaga kependidikan), sarana dan prasarana pendidikan, pembaharuan pro pembelajaran, pemanfaatan tekhnologi informasi (IT), penerapan pembelajaran dwibahasa, pemilihan partner industri / institusi internasional dan lain-lain.
Hal ini memerlukan kesungguhan, kerja keras dan dukungan sepenuhnya dari seluruh warga sekolah maupun stakeholders pendidikan pada umumnya.
Pada awal pelaksanaan program, diakui atau tidak bahwa sebagian besaar guru dirasa sangat berat menerimanya mengingat bahwa tidak setiap orang akan mudah mengikuti alur pikir orang lain. Kondisi yang kadang-kadang kurang mendukung serta terciptanya perubahan yang bersifat pembaruan serta perubahan-perubahan yang lain. Untuk itu untuk membantu kelancaran pelaksanaan program SBI, pemerintah menerapkan langkah-langkah yang srategis, misalnya mengadakan sosialisasi, asistensi, pembimbingan P4TK di sekolah dalam penyusunan SPB (School Business Plan. Di tingkat sekolah perlu segera dibentuk Tim Pelsaksana untuk merespon program SBI dengan agenda kerja berdasarkan skala prioritas dari tahun ke tahun.
Apa yang perlu dipersiapkan SMK Negeri 1 P. Siantar ? Saya pikir, inilah yang perlu dikerjakan : Tahun 2009-2010 prioritas kerjanya meliputi implemetasi SBP; menerapkan prinsip-prinsip ISO hingga memiliki sertifikat, perlu juga dikembangkan sistem sertifikasi profesi guru kejuruan dan memiliki dua kursus per tahun untuk tamatan atau pekerja, peningkatan penggunaan dwibahasa (khususnya bahasa Inggris).
Pada tahun 2010-2011 perlu ditetapkan dalam program dengan hasil sekolah sudah memiliki ruang bursa kerja dan database keterserapan siswa; Revitalisasi Peralatan, memiliki e-libraries dan e-learning; memiliki kerjasama dengan industri local dam memiliki MOU dengan industri local/global / asosiasi profesi untuk uji kompetensi keahlian: mengadakan pelatihan kewirausahaan: mengimplementasikan modal pemberian usaha bagi siswa untuk berwirausaha.
Tahun 2011-2012 memprioritaskan peningkatan dan pendapatan unit produksi hingga bisa mencapai peningkatan 20% - 30 % dan ada pengembangan usaha baru bidang kewirausahaan.
Sedangkan pada tahun 2012-2013 SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR sebagai sekolah ALIANSI model SBI harus melaksanakan standarisasi dan revitalisasi peralatan praktek siswa dan sudah menerapkan metodelogi pembelajaran yang baru.


Ada empat program prioritas pada program SBI Invest 2009-2013 yakni program perencanaan bisnis, program penguatan pembelajaran, program mitra kerjasama dan program kewirausahaan," katanya.
Sekali lagi ini adalah program yang mau kita capai, TENTU KITA SETUJU BUKAN ? Jika tidak setuju, gimana ya ...........?!!

No comments:

Post a Comment